RESUME EVALUASI PEMBELAJARAN 4

 

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

A.    Judul Modul  : EVALUASI PEMBELAJARAN

B.     Kegiatan Belajar       : Pelaksanaan Program Tindak Lanjut (KB 4)

C.     Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Peta Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di modul bidang studi

1.    Pengertian Program Remedial

Pembelajaran remedial merupakan kebutuhan atau hak peserta didik, dan pendidik berusaha membantu kesulitan belajar dihadapi siswa. Tujuan pembelajaran remedial adalah membantu mengatasi kesulitan belajar peserta didik melalui perlakuan pengajaran.

Peserta didik yang masuk dalam kelompok ini adalah peserta didik yang belum tuntas belajar karena teridentifikasi mengalami kesulitan belajar. Faktor penyebab ketidaktuntasan belajar ada bermacam-macam sebabnya, dapat berasal dari faktor dari dalam peserta didik (fisik dan psikis) antara lain seperti motivasi yang rendah, sulit konsentrasi, kurang percaya diri atau faktor luar peserta didik antara lain seperti lingkungan, materi pelajaran, guru, metode mengajar, sistem penilaian.

a.       Pelaksanaan Program remedial

Program remedial dapat dilaksanakan melalui bimbingan secara perorangan bila ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang berbeda-beda dan secara kelompok bila terdapat beberapa peserta didik mengalami kesulitan yang sama.

Pemberian bimbingan dapat dilakukan melalui tugas-tugas latihan secara khusus dengan memanfaatkan tutor sebaya baik secara individu maupun kelompok.

Remedial ini dilakukan di luar jam pelajaran agar hak peserta didik yang sudah tuntas untuk mengikuti pembelajaran tidak terganggu

b.      Prinsip-Prinsip Program Remedial

1)  Adaptif

Memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan daya tangkap, kesempatan, dan gaya belajar masing-masing

2)  Interaktif

Bersifat interaktif dengan keaktifan pendidik untuk secara intensif berinteraksi dengan peserta didik dan memonitoring terhadap kemajuan belajar peserta didik.

 

3)  Berbagai metode pembelajaran dan penilaian Menggunakan berbagai metode pembelajaran dan metode penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.

4)  Pemberian umpan balik sesegera mungkin

Umpan balik berupa informasi yang diberikan kepada peserta didik mengenai kemajuan belajarnya perlu diberikan sesegera mungkin agar dapat menghindari kesalahan belajar yang berlarut-larut dan mendeteksi sedini mungkin kesulitan belajar.

5)   Berkesinambungan

Pembelajaran remedial dilakukan berkesinambungan dengan proses pembelajaran dan pendidik harus selalu menyediakan program remedial sesuai dengan kebutuhan.

c.       Langkah-Langkah Program Remedial

1)   Menganalisis kebutuhan, yaitu mengidentifikasi kesulitan atau permasalahan pembelajaran dan kebutuhan peserta didik.

2)   Menyusun perencanaan berdasarkan permasalahan pembelajaran, yaitu memperbaiki rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan peserta didik.

3)   Melaksanakan program remedial

4)   Melaksanakan penilaian, untuk mengetahui keberhasilan peserta didik.

5)   Menetapkan nilai, yang diperoleh peserta didik setelah program remedial.

d.      Penunjang Keberhasilan Pelaksanaan Pembelajaran Remedial

1)     Mengenal peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, indikatornya :

a)   Peserta didik belum dapat menguasai materi pelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. 

b)  Peserta didik memperoleh hasil belajar yang rendah dibandingkan dengan peserta didik lainnya.

c)   Peserta didik belum mencapai prestasi belajar sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

d)   Peserta didik belum dapat menunjukkan kepribadian yang baik.

2)     Memahami faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dari dalam dan luar diri peserta didik.

3)     Melakukan usaha perbaikan terhadap kesulitan belajar peserta didik,  dengan cara :

a)    mencegah kesulitan belajar agar tidak menular kepada peserta didik lainnya

b)   Menyembuhkan peserta didik yang sedang mengalami kesulitan belajar

 

 

2.    Program Pengayaan

Program pengayaan adalah pembelajaran yang diberikan kepada peserta didik yang telah mencapai dan/atau melampaui KKM.

Langkah-langkah sistematis dalam mengidentifikasi kelebihan kemampuan siswa dan memberikan treatment pembelajaran pengayaan adalah sebagai berikut :

a.    Belajar Kelompok

Sekelompok peserta didik yang mempunyai minat tertentu diberi tugas untuk memecahkan permasalahan, membaca di perpustakaan terkait dengan KD yang dipelajari pada jam pelajaran sekolah atau di luar jam pelajaran sekolah.

b.    Belajar Mandiri

Secara mandiri peserta didik belajar mengenai sesuatu yang diminati, menjadi tutor sebaya bagi teman yang membutuhkan dan pengembangan latihan yaitu dengan mengembangkan latihan praktis yang dapat dilaksanakan oleh teman-temannya yang membutuhkan dalam bentuk latihan.

c.    Pembelajaran Berbasis Tema

Pembelajatan terpadu yang memadukan kurikulum di bawah tema besar sehingga peserta didik dapat mempelajari hubungan antara berbagai disiplin ilmu. Melalui pembelajaran tematik dapat mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik.

d.   Pemadatan Kurikulum

Pemberian materi kepada peserta didik yaitu terhadap kompetensi materi yang belum diketahui oleh peserta didik.

2

Daftar materi bidang studi yang sulit dipahami pada modul

1.     Program Remedial

2.     Prinsip Adaptif

3.     Metode mengajar, sistem penilaian dalam pelaksanaan remedial

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

1.     Program Remedial

2.     Program Pengayaan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

  PENERAPAN STRATEGI QSH   SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MAPEL AKIDAH AKHLAK KELAS IV MI TARBIYATUL   ISLAMIYAH WINONG...