RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Madrasah : MI Tarbiyatul Islamiyah
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : IV/ 1
Materi Pokok : Kalimat
Tayyibah Subhanallah
Alokasi Waktu : .. x
30
menit (1 jam pelajaran)
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
1.1.
Menerima
kebesaran Allah Swt. melalui kalimat Subhanallah
2.1. Menunjukkan
sikap hormat dan berterima kasih sebagai dalam kehidupan
3.1.
Memahami
makna dan ketentuan penerapan kalimat Subhanallah
4.1.
Melakukan
pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi
makna dan ketentuan penerapan kalimat Subhanallah
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1.
Mendefinisikan
pengertian kalimat Subhanallah.
3.1.2.
Membacakan
dalil tentang kalimat Subhanallah.
3.1.3.
Menyebutkan
waktu mengucapkan kalimat Subhanallah
4.1.1.
Menjelaskan
cara beriman kepada kalimat Subhanallah
4.1.2.
Menjelaskan
dampak beriman kepada kalimat Subhanallah
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengar
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kalimat Subhanallah dengan benar.
2. Setelah mendengar
bacaan guru, siswa dapat membaca dalil tentang kalimat Subhanallah dengan baik
3.
Setelah membaca buku paket, siswa dapat menyebutkan waktu mengucapkan kalimat Subhanallah dengan baik
4. Dengan berdiskusi,
siswa dapat menjelaskan cara beriman
kepada kalimat Subhanallah dengan baik
5. Dengan berdiskusi,
siswa dapat menjelaskan dampak beriman
kepada kalimat Subhanallah dengan baik
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian Kalimat Tayyibah “Subhanallah”
Kalimat “Subhanallah” yang mempunyai arti Maha
Suci Allah. Secara bahasa ungkapan subhanallah berarti aku menyucikan Allah
dari sifat-sifat yang tidak layak untuk-Nya.
Kalimat Subhanallah disebut juga bacaan tasbih.
Kalimat tasbih adalah ungkapan untuk memuji Allah Swt. Zat yang paling suci di
alam semesta ini hanyalah Allah Swt, maka sesuai dengan artinya, kalimat ini
mengandung makna penyucian nama dan Zat Allah Swt. Nama Allah harus tetap suci
dari segala bentuk kemusyrikan dan kekurangan. Karena Allah-lah pemilik segala
kesempurnaan.
2. Dalil Tentang Kalimat Tayyibah “Subhanallah”
Semua yang ada di langit dan di bumi bertasbih
kepada Allah Swt, memuji kebesaran Allah Swt. Firman Allah dalam surah al-Jumuah:1
Artinya: "Apa yang ada di langit dan
apa yang ada dibumi senantiasa bertasbih kepada Allah. Maharaja, Yang Maha
Suci, Yang Maha perkasa,Maha Bijaksana. (Q.S. Al-Jumu'ah: 1)
Ayat tersebut menerangkan bahwa semua makhluk ciptaan Allah yang ada di langit dan bumi selalu memuji kesucian-Nya karena Allah Dzat Yang Maharaja, Yang Maha Suci, Yang Maha perkasa,Maha Bijaksana.
3. Waktu Pengucapan
Kalimat tayyibah Subhanallah juga diucapkan
ketika mengingatkan imam dalam salat ketika lupa bacaan atau gerakan salat bagi
makmum laki-laki, berzikir sesudah salat fardhu dan menyaksikan keindahan alam.
Selain itu, ketika seseorang menyaksikan atau mendengarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan keagungan Allah Swt. maka seseorang dianjurkan untuk mengungkapkan “Subhanallah”.
4.
Cara Beriman
Kepada Kalimat Subhanallah
Bertasbih artinya mengakui keagungan Allah Swt. tidak ada yang berkuasa selain Allah Swt dan mengakui kelemahan serta keterbatasan kita sebagai manusia yang tidak memiliki daya dan kekuatan.
5.
Dampak
Beriman Kepada Kalimat Subhanallah
Dengan bertasbih akan mendekatkan diri kepada Allah Swt, menambah keimanan kepada Allah Swt, menambah pahala, dan menjauhkan diri dari perbuatan syirik.
F.
STRATEGI DAN METODE
PEMBELAJARAN
Strategi : Interactif Lecturing, Reading aloud
Metode : Diskusi, presentasi, tanya jawab, ceramah dan
penugasan.
G.
MEDIA
PEMBELAJARAN
Gambar Tema kalimat Subhanallah,
Power Point, Buku Ajar
H.
SUMBER
BELAJAR
1.
Buku
Paket Akidah Akhlak Kelas IV
2. Buku New Annur Kelas IV
I.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No. |
Kegiatan |
Waktu |
1. |
Pendahuluan |
|
|
a.
Membuka
pembelajaran Guru mengucapkan salam dan
mengajak berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik b.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi, tempat
duduk disesuaikan pembelajaran; c.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi pokok Kalimat Tayyibah
Subhanallah; 1) Apa arti Kalimat Subhanallah ? 2) Kapan waktu yang tepat untuk mengucapkannya ? e. Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, eksplorasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan
serta menyimpulkan f. Membagi peserta didik menjadi 4 atau 5
kelompok |
3 menit |
2. |
Kegiatan Inti |
|
|
a.
Mengamati ·
Menyimak penjelasan guru
tentang pengertian kalimat Subhanallah · Menyimak bacaan
guru tentang dalil naqli tentang kalimat
Subhanallah ·
Membaca buku tentang waktu yang tepat mengucapkan Kalimat Subhanallah |
5 menit |
b.
Menanya ·
Dengan bimbingan guru peserta didik mengajukan pertanyaan tentang : -
Waktu mengucapkan kalimat Subhanallah -
Cara beriman dan dampaknya terhadap penerapan
kalimat Subhanallah |
5 menit |
|
c.
Menalar (Mengasosiasi) ·
Peserta didik memikirkan tentang kalimat tayyibah yang diucapkan
ketika melihat kejadian sesuai gambar ·
Secara individual siswa
membaca buku paket tentang waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat Subhanallah
dan berusaha memahaminya |
5 menit |
|
d.
Mengeksplorasi (Eksperimen/Mencoba) · Mendiskusikan
tentang cara beriman dan
dampaknya terhadap penerapan kalimat Subhanallah · Menghubungkan
kalimat Subhanallah dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari |
5 menit |
|
e.
Mengkomunikasikan ·
Membacakan dalil tentang kalimat Subhanallah ·
Menyampaikan hasil bacaan tentang waktu yang tepat untuk mengucapkan
kalimat Subhanallah ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang cara dan dampaknya
terhadap penerapan kalimat Subhanallah ·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru |
5 menit |
|
3. |
Penutup |
|
|
a.
Guru
melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau
tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan
masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya. b. Guru memberikan tugas dan menyampaikan materi berikutnya. c. Guru mengajak berdoa bersama
dilanjutkan salam. |
2 menit |
J. PENILAIAN
1.
PENILAIAN
SIKAP (OBSERVASI)
·
Mengamati diskusi dengan menggunakan
lembar observasi terkait dengan
-
Cara beriman kepada kalimat Subhanallah
-
Dampak beriman kepada kalimat Subhanallah
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No |
Nama Siswa |
Aspek yang diamati |
Jumlah |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai :
1. Keaktifan
2. Kerjasama
3. Penguasasan materi
4. Keberanian
berargumentasi
5. Kelancaran
berbicara
Skor penilaian :
Skor perolehan
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 –
100 : Baik
Sekali
B = 70 –
79 : Baik
C = 60 –
69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
2.
PENGETAHUAN
(TES LISAN)
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan
tepat !
1. Apa arti kalimat tayyibah Subhanallah
2. Bacakan dalil yang menerangkan kalimat tayyibah
Subhanallah !
3. Kapan waktu yang tepat mengucapkan kalimat
tayyibah Subhanallah ?
4. Bagaimana cara menunjukkan bukti keimanan
secara lisan ?
5. Apa hikmah mengucapkan kalimat Subhanallah?
3.
PENILAIAN
KETERAMPILAN (PRODUK)
Mata Pelajaran :
AKIDAH AKHLAK
Nama Proyek :
Membuat Kaligrafi Lafal Subhanallah
Nama Peserta Didik : ……………………………….
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Aspek yang dinilai |
Jumlah |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
·
ASPEK YANG DINILAI :
1. Kebenaran Lafal
2. Ketepatan Kaidah Penulisan
3. Kebersihan dan Keindahan
4. Keserasian warna, ornament/hiasan
·
SKOR PENILAIAN :
Skor perolehan (1 + 2 + 3 +4)
Skor Maksimal
·
KRITERIA NILAI
A = 80 –
100 : Baik
Sekali
B = 70 –
79 : Baik
C = 60 –
69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Mengetahui, Winong,…………………..
2021
Kepala Madrasah Guru Akidah Akhlak
Joko
Siswanto, S.Pd.I Ahmad
Saifuddin, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar