RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP – SIKLUS 2)
Nama Madrasah : MI Tarbiyatul Islamiyah
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : IV/ 1
Materi Pokok : Kalimat
Tayyibah Allahu Akbar
Alokasi Waktu : 1 x
30
menit (1 jam pelajaran)
A.
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
1.1.
Menerima
kebesaran Allah Swt. melalui kalimat Allahu Akbar
2.1. Menunjukkan
sikap hormat dan berterima kasih sebagai dalam kehidupan
3.1.
Memahami
makna dan ketentuan penerapan kalimat Allahu
Akbar
4.1.
Menunjukkan perilaku
beriman sebagai
implementasi
makna dan ketentuan penerapan kalimat Allahu Akbar
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1.
Menjelaskan
pengertian kalimat Allahu
Akbar.
3.1.2.
Membacakan
dalil tentang kalimat Allahu
Akbar.
3.1.3.
Menyebutkan
waktu mengucapkan kalimat Allahu
Akbar
4.1.1.
Menjelaskan
cara beriman kepada kalimat Allahu Akbar
4.1.2.
Menjelaskan
dampak beriman kepada kalimat Allahu Akbar
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mendengar
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan pengertian kalimat Allahu Akbar dengan
benar.
2. Setelah mendengar
bacaan guru, siswa dapat membaca dalil tentang kalimat Allahu Akbar dengan benar
3.
Setelah membaca buku paket, siswa dapat menyebutkan waktu mengucapkan kalimat Allahu Akbar dengan benar
4.
Setelah menerima jawaban guru berdasarkan pertanyaan,
siswa dapat menjelaskan materi tentang kalimat Allahu
Akbar dengan benar
5. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan cara dan
dampak beriman
kepada kalimat Allahu Akbar dengan baik
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Pengertian Kalimat Tayyibah “Allahu Akbar”
Allahu Akbar disebut juga bacaan takbir yang artinya Allah Maha Besar. Maksudnya tidak ada yang melebihi kebesaran Allah Swt. Sesuatu yang menurut pikiran manusia tidak mungkin terjadi, menjadi mungkin menurut Allah Swt.
Kalimat takbir merupakan sebuah pengakuan seorang hamba yang beriman, bahwa hanya Allah yang Maha Besar. Jadi, kalimat takbir merupakan salah satu kalimat agung dan memiliki makna yang mendalam. Mengucapkan kalimat takbir berarti mengakui bahwa semua yang ada di dunia ini sangat kecil dibandingkan dengan Allah, karena hanya Allah yang Maha Besar.
2. Dalil Tentang Kalimat Tayyibah “Allahu Akbar”
Allah Swt berfirman dalam Surah Yasin ayat 82:
Artinya: “Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu. QS. Yasin. (36:82)
Firman
Allah dalam Surat Yasin ayat 82 tersebut menyatakan tentang kebesaran Allah
sebagai Dzat Pencipta. Ayat tersebut bisa menjadi salah satu bukti bahwa Allah
adalah pencipta alam semesta beserta isinya.
Bagi
Allah sangat mudah untuk menciptakan segala sesuatu yang dikehendaki-Nya. Apabila
Allah menghendaki sesuatu makhluk, cukuplah Dia berkata “Jadilah”, maka segera
terwujudlah makhluk tersebut.
3. Waktu Pengucapan
Waktu yang tepat membaca kalimat tayyibah Allahu Akbar :
· ketika azan, iqomah
· ketika sholat
· zikir setelah selesai mengerjakan sholat lima waktu
· pada malam takbiran
· peristiwa yang luar biasa.
Allahu Akbar juga sering diteriakkan oleh pahlawan yang berjuang menegakkan agama Allah Swt, misalnya para pahlawan yang melawan penjajah Belanda. Teriakan Allahu Akbar dapat membangkitkan semangat juang melawan kezaliman.
4.
Cara Beriman
Kepada Kalimat Allahu Akbar
Salah satu cara mengingat kebesaran Allah Swt adalah dengan membiasakan diri mengucapkan Allahu Akbar. Allah Swt sanggup menjadikan segala hal yang tidak mungkin menurut kita menjadi mungkin. Bagi Allah Swt, sangatlah mudah menjadikan hal tersebut.
Apabila kita mau berfikir tentunya banyak bukti yang menunjukkan bahwa Allah Swt itu Maha Besar, misalnya :
· penciptaan alam semesta dengan seluruh isinya
· penciptaan matahari dan bulan, keduanya berfungsi berjalan pada orbitnya masingmasing dan tidak pernah berbenturan.
· Allah Swt menciptakan langit dan bumi. Bumi diciptakan sebagai hamparan dan langit diciptakan di atas bumi tanpa memiliki tiang penyangga
Sebagai muslim, kita wajib beriman akan hal itu, dengan selalu mengucapkan Allahu Akbar di setiap kesempatan, sebagai pengakuan akan kebesaran Allah SWT.
Marilah kita latih lisan kita untuk mengucapkan hanya kalimat-kalimat yang thayyibah, yang akan mengantarkan diri kita kepada derajat kemuliaan yang tinggi di dunia dan akhirat.
5.
Dampak
Beriman Kepada Kalimat Allahu Akbar
Penciptaan alam semesta dan seluruh isinya telah cukup menjadi bukti kebesaran Allah Swt. Mengagungkan kebesaran Allah Swt menjadi kewajiban setiap muslim. Mengingat kebesaran Allah Swt dapat menghindarkan manusia dari sifat sombong.
Adanya kejadian-kejadian yang menakjubkan akan membuat kita ingat akan kebesaran Allah Swt, karena hal itu dapat terwujud atas kehendak Allah Swt. Diantara hikmah yang bisa diambil dari kalimat tayyibah Allahu Akbar, yaitu :
· Selalu mengingat kebesaran Allah
· Terhindar dari sifat sombong
· Mendapat pahala
F.
STRATEGI DAN METODE
PEMBELAJARAN
Strategi :Interactif Lecturing, Reading aloud, QSH
Metode :
Diskusi, presentasi, tanya jawab,
ceramah dan penugasan.
G.
MEDIA
PEMBELAJARAN
Gambar Tema kalimat Allahu
Akbar, Power Point, Buku Ajar
H.
SUMBER
BELAJAR
1.
Buku
Paket Akidah Akhlak Kelas IV
2. Buku New Annur Kelas IV
I.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
No. |
Kegiatan |
Waktu |
1. |
Pendahuluan |
|
|
a.
Membuka
pembelajaran Guru mengucapkan salam dan
mengajak berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik b.
Memperlihatkan
kesiapan diri dengan memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi, tempat
duduk disesuaikan pembelajaran; c.
Menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai d.
Mengajukan
pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan materi pokok Kalimat Tayyibah Allahu
Akbar; 1) Apa arti dari Kalimat Allahu Akbar ? 2) Kapan waktu yang tepat mengucapkan Kalimat Allahu
Akbar ? e.
Menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, eksplorasi,
mengasosiasi dan mengomunikasikan serta menyimpulkan f. Membagi peserta didik menjadi 4 atau 5
kelompok |
3 menit |
2. |
Kegiatan Inti |
|
|
a.
Mengamati ·
Menyimak penjelasan guru
tentang pengertian kalimat Allahu Akbar · Menyimak bacaan
guru tentang dalil naqli tentang kalimat
Allahu Akbar ·
Membaca buku tentang waktu yang tepat mengucapkan Kalimat Allahu
Akbar |
5 menit |
b.
Menanya ·
Guru membagikan potongan-potongan kertas (ukuran
kartu pos) dan meminta setiap siswa untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja
yang berkaitan dengan materi pelajaran. ·
Setelah membuat pertanyaan, siswa diminta untuk
memberikan kertas pertanyaan kepada teman disampingnya. ·
Guru meminta siswa membaca pertanyaan dan memberikan
tanda centang (√) jika ingin mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut. ·
Setelah kertas pertanyaan kembali pada pemiliknya,
minta siswa mengumpulkan kertas yang diberi tanda centang paling banyak dan
membacanya. -
Guru memberikan jawaban kepada masing-masing pertanyaan yang sudah
dipilih. |
5 menit |
|
c.
Menalar (Mengasosiasi) ·
Peserta didik memikirkan tentang kalimat tayyibah yang diucapkan
ketika melihat kejadian sesuai gambar ·
Secara individual siswa
membaca buku paket tentang waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat Allahu Akbar dan berusaha memahaminya |
5 menit |
|
d.
Mengeksplorasi (Eksperimen/Mencoba) · Mendiskusikan
tentang cara beriman dan
dampaknya terhadap penerapan kalimat Allahu
Akbar |
5 menit |
|
e.
Mengkomunikasikan ·
Membacakan dalil tentang kalimat Allahu Akbar ·
Menyampaikan hasil bacaan tentang waktu yang tepat untuk mengucapkan
kalimat Allahu Akbar ·
Menyampaikan hasil diskusi tentang cara dan dampaknya
terhadap penerapan kalimat Allahu
Akbar ·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah) ·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru |
5 menit |
|
3. |
Penutup |
|
|
a.
Guru melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya; b. Guru mengevaluasi pembelajaran untuk mengetahui tingkat keberhasilannya. c. Guru memberikan tugas dan menyampaikan materi berikutnya. d. Guru mengajak berdoa bersama
dilanjutkan salam. |
2 menit |
J.
PENILAIAN
Tugas
· Membaca buku paket
tentang waktu mengucapkan kalimat Allahu Akbar
· Diskusi tentang cara
dan dampak beriman kalimat Allahu
Akbar
1.
PENILAIAN
SIKAP (OBSERVASI)
·
Mengamati diskusi dengan menggunakan
lembar observasi terkait dengan
-
Cara beriman kepada kalimat Allahu Akbar
-
Dampak beriman kepada kalimat Allahu Akbar
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No |
Nama Siswa |
Aspek yang diamati |
Jumlah |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
Aspek yang dinilai :
1. Keaktifan
berdiskusi
2. Kerjasama dalam
kelompok
3. Keseriusan
berdiskusi
4. Keberanian berargumentasi
5. Kelancaran
berbicara
Skor penilaian :
Skor perolehan
Skor Maksimal
Kriteria Nilai
A = 80 –
100 : Baik
Sekali
B = 70 –
79 : Baik
C = 60 –
69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
2.
PENILAIAN
PENGETAHUAN (TES TERTULIS)
Mata
Pelajaran : AKIDAH AKHLAK
Nama
Peserta Didik : ……………………………….
Kelas/Semester : IV/satu
A. Berilah
tanda silang (X) pada jawaban yang benar!
1.
Allahu
Akbar artinya …
a. segala puji bagi Allah
b. maha suci Allah
c. Allah berkehendak
d. Allah Maha Besar
2.
Allahu
Akbar disebut juga bacaan …
a. Hamdalah
b. Takbir
c. Tasbih
d. Hauqolah
3.
Kalimat Allahu
Akbar merupakan pengakuan seorang muslim terhadap … Allah.
a. Kesucian
b. Keperkasaan
c. Kekuasaan
d. Kebesaran
4.
Kalimat
Allahu Akbar diucapkan ketika ….
a. Mendapat rezeki
b. Melihat kejahatan
c. Melihat kejadian luar biasa
d. Memohon ampunan
5.
Mengucapkan
kalimat tayyibah dinilai sebagai ….
a. ibadah
b. pekerjaan
c. kewajiban
d. kesunnahan
6.
Firman
Allah yang menunjukkan tentang kebesaran-Nya terdapat dalam ….
a. QS. Yasin ayat 80
b. QS. Yasin ayat 81
c. QS. Yasin ayat 82
d. QS. Yasin ayat 83
7.
Perhatikan
table di bawah ini !
1 |
memperoleh pahala |
2 |
selalu mengingat kebesaran Allah |
3 |
diampuni dosa-dosa |
4 |
terhindar dari sifat sombong |
Hikmah mengucapkan Allahu Akbar ditunjukkan
angka….
a. 1,2,3
b. 1,2,4
c. 1,3,4
d. 2,3,4
8.
Kalimat Allahu
Akbar biasa digunakan untuk berdzikir kepada Allah, setelah …
a. Bekerja
b. Bermain
c. Shalat fardlu
d. Rekreasi
9.
اِنَّمّا أمْرُه اِذَا
أَرِادَ شَيْئاً أنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْن
Arti dari lafal yang bergaris bawah adalah ….
a. Jadilah
b. Maka jadilah
c. Dia menghendaki
d. Urusan-Nya
10. Di bawah ini bukan dampak seseorang yang
terbiasa mengucapkan Allahu Akbar, sebagai bentuk keimanan kepada –Nya, ….
a. Menghindarkan diri dari sifat sombong
b. Melihat kejadian luar biasa
c. Selalu ingat akan kebesaran Allah
d. Membiasakan ucapan kalimat tayyibah
II. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Apa yang
dimaksud kalimat Allahu Akbar ?
2.
Kapan
saja kita mengucapkan Allahu Akbar ?
3.
Mengapa
kita harus membiasakan diri mengucapkan Allahu Akbar?
4.
Bagaimana
cara menunjukkan keimanan kita terhadap kalimat Allahu Akbar ?
5.
Tulislah
kalimat Allahu Akbar lengkap dengan artinya!
·
KETERANGAN
Rom 1 : 10 x 2 =
20
Rom 2 :
5 x 8 = 40
Jumlah = 60
· SKOR
PENILAIAN :
Skor perolehan
Skor Maksimal
3.
PENILAIAN
KETERAMPILAN (PRODUK)
Mata Pelajaran :
AKIDAH AKHLAK
Nama Proyek :
Membuat Kaligrafi Lafal Allahu Akbar
Nama Peserta Didik : ……………………………….
LEMBAR PENILAIAN
No |
Nama Siswa |
Aspek yang dinilai |
Jumlah |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
Dst. |
|
|
|
|
|
|
·
ASPEK YANG DINILAI :
1. Kebenaran Lafal
2. Ketepatan Kaidah Penulisan
3. Kebersihan dan Keindahan
4. Keserasian warna, ornament/hiasan
·
SKOR PENILAIAN :
Skor perolehan (1 + 2 + 3 +4)
Skor Maksimal
·
KRITERIA NILAI
A = 80 –
100 : Baik
Sekali
B = 70 –
79 : Baik
C = 60 –
69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Mengetahui, Winong,…………………..
2021
Kepala Madrasah Guru Akidah Akhlak
Joko
Siswanto, S.Pd.I Ahmad
Saifuddin, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar